Selasa, 05 Juli 2011

Bhakti Sosial 17 April 2011

Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur bersama-sama Rotary Club Metropolitan Surabaya dan PMI cabang Bojonegoro mengadakan bhakti sosial bersama di Bojonegoro

Atas undangan kerjasama dari PMI cabang Bojonegoro, pada tanggal 17 April 2011 Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) bersama-sama Rotary Club Metropolitan Surabaya mengadakan bhakti sosial di Bojonegoro – Jawa Timur berupa pengobatan gratis dengan metode akupunktur dan pijat refleksi. Sebanyak 27 praktisi dari IKNI DPD Jatim ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini.

Rombongan praktisi IKNI DPD Jatim tiba di Bojonegoro sekitar pk. 08:45, yang segera disambut oleh para pengurus PMI cabang Bojonegoro dengan penuh rasa persaudaraan, serta diantar untuk istirahat sejenak. IKNI DPD Jatim merupakan sahabat lama mereka, karena pada 17 tahun silam IKNI DPD Jatim bersama PT Jamu Jago serta PMI cabang Bojongnegoro melakukan kegiatan yang sama ditempat yang sama dan telah berhasil menerapi sebanyak 230 orang pasien, hal ini memberikan kesan yang sangat baik bagi warga setempat.

Panitia dari PMI cabang Bojonegoro sejak awal telah mempunyai rencana kerja yang tersusun dengan baik demi kelancaran bhakti sosial kali ini, antara lain mensosialisasikan kegiatan ini sejak awal, telah menghitung kapasitas/kemampuan bhakti sosial kali ini yang diprediksikan dapat menerapi sekitar 250 orang pasien, mendata calon pasien terlebih dahulu, disiapkan ranjang pasien sebanyak 19 untuk terapi akupunktur, 10 untuk terapi pijat refleksi kaki.

Pagi hari yang cerah sekitar pukul 09:30 kegiatan ini dimulai dengan penuh semangat para panitia serta praktisi IKNI DPD Jatim melayani para pasien, dimulai dengan mencata data diri serta keluhan para pasien dilanjutkan dengan mengukur tekan darah selanjutnya dipilihkan terapi yang tepat apakah dengan metode akupunktur, ataukah pijat refleksi.

Dalam bhakti sosial kali ini sebanyak 310 orang pasien dari berbagai keluhan penyakit yang telah diterapi. Keluhan mereka antara lain penyakit batu ginjal, Diabetes Militus/kencing manis, Hipertensi/tekanan darah tinggi, Nyeri lambung, Rematik, Nyeri pinggang, Stroke dan sebagainya.

Sebagian besar pasien menyampaikan kepuasannya atas kegiatan bhakti sosial ini, dan memberi penghargaan yang tinggi, dan mereka sangatlah berharap dapat layanan pengobatan sejenis diwaktu yang akan datang.

Kegiatan kali ini berakhir pada pukul 16:30, panitia dari ketiga belah pihak walupun badan terasa lelah namun masing2 pihak merasa puas atas keberhasilan kali ini dalam melayani kesehatan masyarakat, mereka selalu ingat IKNI – Rotary – PMI adalah mitra kerjasama yang baik! (diterjemahkan oleh Yunita C, Irawan H)

应东爪哇新埠头县(Bojonegoro)印尼红十字会的邀请,印尼中医协会东爪哇分会联合泗水大都市扶轮社于2011417日为新埠头民众举办针灸及足底按摩义诊。

27名中医协会会员及5名扶轮社义工组成的义诊队分乘一辆大巴及一辆越野车背着朝阳开赴新埠头。

845分,大队终于抵达新埠头,按照事先的安排大家在该市的联络点稍作休息,解除舟车的劳累,然后奔赴市中心的红十字会所,也就是为公众义诊的场所。义诊队抵达目的地一下车就受到印红会负责理事及志愿者们的热烈欢迎,经过一番寒暄大家在会所前合影留念,然后很快就开展了紧张的义诊活动,当时约有40名求诊者已翘首以待。

17年前的19945月,中医协会东爪哇分会曾联合新埠头印红会及Jamu Cap Jago在此地 开展义诊活动,当年治疗了230名患者,给当地社会留下了良好的印象。

新埠头印红会对这回的联合义诊进行了相应的部署。当46日确定了义诊的日期后,组织了由执行理事及志愿者共23人的工作队开始分配工作:

在市内几条主要街道旁竖起义诊横幅通告并在会所前设案登记病号,预定求诊者为250

在两层楼的会所内整理出包括问诊室在内的4个诊病室,共19张针灸病床及10套脚底按摩座椅。

天义诊一开始大家就忙碌起来,各就各位,事先布置好的作业流程按计划实行。首先由登记处进行登记卡校对及让病人及其家属就坐,患者在工作人员的引导下向医师报到测量血压,然后由主治医师进行问诊。诊断后根据病况安排针灸或足底按摩。

这回义诊共治疗了310个病号,多数患者多患肾结石,糖尿病,高血压,肠胃病,风湿病,腰痛等病症。 造访者感到满意和对这次义诊作出了很高的评价,根据民众的反映,提出再次举办义诊的要求。经扶轮社及中医协会负责人商议后拍板决定将于2011619日再次来新埠头举办义诊。印红会执行理事及全体志愿者表示热烈欢迎、积极响应,争取将筹备工作做得更好更完善。

下午430分该是分手的时候了,大家再次合照留念后互道珍重,虽然彼此都不清楚对方的姓名,但这阻挡不了已结下的友谊,因为大家都有共同的信念,要为老百姓分担痛苦,要对社会作出贡献。大家铭记 ROTARY - IKNI - PMI. ,我们都是合作的好伙伴。

Tidak ada komentar: