Senin, 27 Desember 2010

Bhakti Sosial 7 & 14 Nopember 2010


Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus daerah Jawa Timur ber bhakti sosial di Jl. Semut Gg 4 Surabaya

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) bersama-sama Rotary Club of Surabaya Metropolitan mengadakan bhakti sosial di Jl. Semut Gg 4 Surabaya pada hari Minggu, tanggal 07 dan 14 Nopember 2010.

Di pagi yang cerah sekitar pk 08:00 para penduduk sekitar Jl. Semut yang hendak berobat dalam kegiatan bhakti sosial ini telah hadir dan menanti nomor urut mereka masing-masing. Nampak Agoes Boedi S - ketua RW 4 dan M Samsul Eghur - ketua RT8 memimpin para karang taruna warga sekitar Jl. Semut untuk membantu mendaftar para pasien serta membagikan kartu berobat bagi para pasien.

Dalam kegiatan ini hadir dari Rotary Club of Surabaya Metropolitan antara lain Thomas Aquinas, He Wen Wei, Prof.dr.Poedji RuehjatiSubchanQodrat. Sebanyak 26 praktisi IKNI DPD Jatim yang ikut serta dalam kegiatan ini antara lain : Hadi Prasetio – koordinator pengabdian masyarakat IKNI DPD Jatim, Tan Hong Ling, Niniek Lilyani, Liem Tjie Hwie, He Li Li(Sidoarjo), Lay Fie Djun, Wiyase Fostina (Blitar), Guo Yao Jun, Chen Ping Zhi, Tong Zhi Hwa, Sugiono, Cheng Hadi Santoso, Oei Sien Tjhioe.

Bhakti sosial kali ini sangatlah menarik minat para penduduk sekitar Jl. Semut untuk mendapatkan layanan pengobatan, hingga melampaui target panitia. Sekitar pukul 13:00 bhakti sosial berakhir dan telah melayani 125 orang pasien denga terapi akupunktur dan pijat refleksi kaki.

Diantara sekian banyak pasien nampak mantan pengurus RT setempat Bp Iskandar yang telah berusia 84 tahun, pada tanggal 1 Nopember 2010 jatuh hingga kaki kanannya tidak bisa digerakkan, pada bhakti sosial tanggal 7 Nopember 2010 beliau datang dengan duduk dikursi roda, dan mendapat layanan terapi oleh Thomas A dengan metode pijat dan akupunktur, hingga membuahkan hasil kakinya dapat dinaikkan sekitar 30 cm. dan beliau pada tanggal 14 Nopember 2010 datang lagi dengan dipapah keluarganya, untuk mendapatkan pengobatan lanjutan.

Pasien lainnya Pak Munasir berusia 45 tahun, mengalami gangguan alat penglihatannya menjadi kabur, beliau merasa lebih jelas penglihtannya setelah diterapi akupunktur. Demikian juga Pak Deddy 46 tahun, menyatakan kegembiraan nya setelah diterapi Akupunktur lututnya dapat bergerak dengan leluasa , sehingga jalan pun menjadi nyaman tanpa adanya rasa ngilu.

Para penduduk disekitar Jl Semut merasa sangat gembira dan puas dengan bhakti soial pengobtan gratis ini, mereka berharap panitia mau mempertimbangkan untuk melakukan kegiatan serupa di kemudian hari secara berkala. (diterjemahkan oleh Yunita Chandra, Irawan H)





东爪中医协会与泗水大都市扶轮社再次联手义诊

26名中医师积极服务 125Semut村民获益

......在纪念全国卫生日(Hari Kesehatan Nasional)环节中,中医协会东爪哇省分会(IKNI)与泗水大都市扶轮社(Rotary Club of Surabaya Metropolitan)继上周日(7日)共同义诊之后,14日再度联袂在同一地点,即Semut4巷村公所举办义诊活动,为当地村民服务。

当日早上8时,来求医的村民已就坐候诊。Semut4邻组长Agoes Boedi.S、第8街坊长M.Samsul Eghur率领该村青年组成员统筹村民登记,领取诊病卡。

参加义诊活动的泗水大都市扶轮社人员有前印尼总监张启文、何文伟、Prof.dr.Poedji RuehjatiSubchanQodrat等。东爪哇中医协会方面有张克競、陈芳玲、李莲芝、林自辉、何莉莉(徐图利祖)、赖慧春、黄挽珍(勿里达)、温蓉(新埠头)、郭瑶君、陈平智、唐梓华、蒋介平、莊鸿山、黄新球等到26名中医师和足部按摩师。东爪中医协会副主席陈少娟在亚迪查沙诊疗所开诊后特地前来助阵。

是日的义诊活动求医者十分踊跃,超出了筹委会预定的百名指标。至中午1时义诊结束,共有125名村民获得了针灸与足部按摩服务。

在百名就医的病号中,有不少典型的病例,如曾连续18年担任邻组长的Iskandar,现年84岁,本月1日不慎跌倒,右足不得动弹。在7日给张启文中医师针灸与推拿后,他右足已能向上举高约30厘米,14日已能由人扶持学走路了。

45岁的Semut4巷村民Munasir,原先视力模糊,经针灸后,现变得清晰了。Semut6巷居民Deddy,现年46岁,兴奋地说,他所有不适症状都消了。意即,尚未针灸前,他双膝弯曲时觉得痛,走路,并感到痠楚。

众多居民对义诊表示十分满意,并要求筹委会尽快再举办。曙光报道, 张克競, 张启文供图)




Tidak ada komentar: