Senin, 07 Februari 2011

Bhakti Sosial 28 Nopember 2010


Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur mengadakan bhakti sosial di Tebuireng Jombang Jawa Timur

Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) tetap berkomitmen ikut serta mengabdi ke masyarakat dalam bidang kesehatan. Pada hari Minggu tanggal 28 Nopember 2010, IKNI DPD Jatim mengadakan kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat. Bertempat di tempat pembuangan sampah Gedangkeret, desa Banjardowo, Jombang - Jawa Timur, besama-sama dengan INTI Jombang, PITI, BEC.

Kegiatan kali dengan tema” Memperhatikan kesehatan masyarakat” , tema ini diambil mengingat kondisi masyarakat saat ini ada sebagian yang masih belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor ekonomi, pengetahuan kesehatan masyarakat serta kondisi lingkungan yang kurang memadai.

Dalam kesempatan ini Prasetyo L –mewakili Bupati Jombang menyampaikan terima kasih kepada sukarelawan kesehatan dari Surabaya, sehingga rakyat Banjardowo mendapat kesempatan berobat gratis, disampaikan pula bahwa tempat pembuangan sampah yang seluas 8 ha yang saat ini dipakai untuk kegiatan bhakti sosial ini, telah mendapat anugerah juara dalam pengelolaan sampah dari pemerintah pusat dari tahun 2006 hingga 2010 secara berturut-turut. Sebelumnya tempat ini tidak memenuhi syarat untuk dihuni manusia, disamping kotor juga berbau busuk. Namun saat ini sudah berubah menjadi tempat untuk bersantai yang hijau dengan tanaman serta mempunyai tempat pengelolaan sampah menjadi rabuk yang bermanfaat.

Ashier Chotias mewakili IKNI DPD Jatim dalam kesempatan ini menyatakan kegembiraannya, bahwa IKNI DPD Jatim dapat ikut berperan serta dalam meningkatkan kesehatan masyarkat yang mana ini merupakan kali ketiga IKNI DPD Jatim mengadakan bhakti sosial di Jombang.

Kegiatan bhakti sosial ini berakhir pada pk 15:00 dan telah menerapi sekitar 1.000 pasien dengan metode akupunktur dan pijat refleksi kaki. (oleh Yunita Chandra dan Irawan H)




泗水佛陀教育中心联合印华总会东爪哇分会、绒网分会、泗水分会,PITI绒网分会,绒网护理专业学校与印尼中医协会东爪哇分会等团体,于1128日上午8时,在绒网县的Banjardowo Gedangkeret垃圾终站举行义诊活动,绒网红十字会还派人员为献血者抽血。

开幕仪式由筹委会主席蒋以正(绒网INTI副主席)做工作报告,他说,今天的义诊活动的议题是“我们关注绒网市民的健康”,因为健康是我们日常生活的重要因素之一,我国是产妇死亡指数高的国家之一,这是涉及经济条件、个人学识与环境卫生等问题。义诊的内容很多,有西医、中医的针灸、推拿按摩、脚底按摩、杵针、电波治疗、安褥的内功治疗与泰国的Thairo Terapy等,药品费用全免。

绒网县长代表Prasetyo.L以县政府的名誉向来自泗水的医疗队致万分谢意,也感谢泗水佛陀教育中心提供了免费药品,绒网的INTIPITI成员们举办了大规模的义诊活动,让Banjardowo的千余名村民受益。他告诉大家,绒网的垃圾终站绿化工作从2006年到2010年,均获得全国冠军。该垃圾终站占地面积约8公顷,现在成为义诊的地方,5年前就是臭气难闻的垃圾终站,现已摇身一变成为绿叶茵茵的休闲地。里头还有制作有机绿肥的基地,所制作的绿肥已销售到各地。成了该垃圾终站的经济来源之一。

印华总会东爪哇分会主席黄奋立说,他很高兴看到印华总会绒网分会的成员多次举办义诊活动,真正与当地民众打成一片,融为一体。在绒网县体现了殊途同归的局面,大家不分彼此,携手合作同心合力共同建设绒网。

王家良中医师代表中医协会东爪哇分会致辞,泗水的中医师很乐意为乡下的居民提供针灸治疗与脚底按摩治疗,让村民们有健康的体魄。这是中医协会第3次在绒网义诊。

原籍绒网的我国国会议员Estu女士应邀致辞,她希望绒网印华总会能每个月都为该县的村民举办义诊活动,提高他们的身体素质。她强调在绒网没有族群的分别,大家都是一家人。

义诊活动到下午3时才结束,有千余人受益(尧尹报道)







Tidak ada komentar: