Sabtu, 26 Maret 2011

Bhakti Sosial 27 Pebruari 2010



Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur berbhakti Sosial di Desa Kesamben Surabaya

Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) secara rutin mengadakan kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis demi tercapainya misi mengabdi kepada masyarakat.

Pada tanggal 20 Pebruari 2011 Di Balai Desa Kesamben Surabaya, IKNI DPD Jatim bekerja sama dengan Ratary Club Metropolis mengadakan kegiatan bhakti sosial dan dilanjutkan pada tanggal 27 Pebruari 2011 yang bersamaan dengan peringan satu tahun wafatnya almarhum Gus Dus. Dalam kegiatan yang kedua kali ini IKNI DPD Jatim bekerja sama dengan Rotary Club Metropolis, Rumah Sakit Adi Husada Surabaya serta Buddhist Education Centre.

Dalam kegiatan ini hadir Hadi Prasetio Tio-koordinator pengabdian masyarakat IKNI DPD Jatim, Teguh Sugiarto- Ketua Senior IKNI DPD Jatim, Jiang Zhong Ying-ketua Rotary Club Metropolis, Ho Wen Wei-Mantan Ketua Rotary Club Metropolis, Thomas Aquinas – mantan ketua komisaris Rotary Club Indonesia, dr Linmara Susilo – dokter koordinator dari Rumah Sakit Adi Husada Surabaya, Ongko-ketua Buddhist Education Centre serta 70 orang praktisi pengobatan bersama-sama terjun melayani kesehatan masyarakat sekitar desa Kesamben Surabaya. Pada kesempatan ini kepala desa setempat beserta pejabat desa yang lain juga hadir di lokasi.

Saat jam menunjukkan pukul 09:00 pagi para aktivis sosial telah sibuk mempersiapkan segala kebutuhan serta mulai mendaftar para pasien, serta mencatat data pasien. Dilanjutkan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan jantung, dilanjutkan dengan terapi Pijat Refleksi Kaki dan akupunktur. Dalam mana pasien diperkirakan masih membutuhkan perawatan merekapun dibekali obat untuk dikonsumi di rumah dengan harapan agar dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya.

Sebagian masyarakat yang mendapatkan pengobatan kali ini merasakan manfaatnya karena Pijat Refleksi Kaki merupakan daerah reflek simpul di area kaki manusia selain dapat mendiagnosa kondisi sakit seorang pasien juga dapat memberikan kesembuhan. Akupuntur pun dengan memeberikan manipulasi pada jarum akan memperlancar aliran qi dan darah manusia, sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Dalam kegiatan bhakti sosial ini telah berhasil menerapi 567 orang pasien. (diterjemahkan oleh Yunita C dan Irawan H)

印尼中医协会东爪哇省在KESAMBEN村举办义诊活动

2011227日,为了纪念瓦希德总统逝世1周年,印尼中医协会东爪哇分会、泗水大都市扶轮社、泗水中华医院、佛陀教育中心印尼泗水中心,在泗水BALAI DESA KESAMBEN联合举办了义诊活动。为当地576名村民体检、足部按摩、针灸等,并向需要治疗的村民免费派药。

印尼中医协会东爪哇分会福利部主任张克兢、资深主席谢英法,泗水大都市扶轮社主席江中英、前任主席何文伟,全印尼扶轮社前任总监张启文,泗水中华医院统筹LINMARA SUSILO医生,佛陀教育中心印尼泗水中心主席翁德勇,各单位医生、护士等70余人,以及当地村长等地方官员参加了此次义诊活动。


是日上午9时,参与义诊的工作人员在现场忙碌地做着准备,所有需要就诊的居民都被安排在旁边的座位上休息,并依次领取编号,以保证义诊能够井然有序的进行。

......主办方为村民准备的义诊项目包括测量血压、检查心脏、足底按摩、针灸等,并且他们还细心地为每位就诊者准备了病历卡,以方便记录他们的身体状况和对症下药。义诊完后,需要服用药的村民还可以免费领到药品。

不少村民还接受了足部按摩与针灸治疗。脚是人体的“第二个心脏”,通过按摩脚部的反射区,可以诊断出一个人的身体健康状况,并同时起到调理作用;而针灸通过刺激穴位、疏通经络调理人体脏腑气血,从而达到预防和治疗疾病的目的。(邓小华报道)



Tidak ada komentar: