Minggu, 25 Desember 2011

Family Gathering

Keluarga Besar Ikatan Naturopati Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) Famili Gathering dengan penuh kehangatan dan keharmonisan dalam rangka perayaan HUT IKNI DPD Jatim ke 25.

IKNI DPD Jatim berdiri pada tanggal 14 Juli 1986. Dapat dikatakan mempunyai perjalanan sejarah yang luar biasa dalam kurun waktu 25 tahun. Dengan kerjasama serta saling bahu membahu para pengurus IKNI DPD Jatim antara lain Hutomo Wijaya, Teguh Sugiharto, Justina, Imelda Anggun dll, mereka telah berupaya melayani masyarakat dalam bidang kesehatan tanpa membeda-bedakan suku , warna kulit dan agama. Berbagai kegiatan antara lain mengadakan kursus pendidikan TCM, menyelenggarakan seminar kesehatan serta telah banyak melakukan bhakti sosial berupa pengobatan Gratis diberbagai tempat. Berbagai kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan tersebut telah membuat suatu kesan yang baik dan positif dihati masyarakat maupun beberapa intitusi pemerintah daerah.

Dari berbagai dokumentasi pada era 80 an, dalam anggota 5 negara ASEAN kecuali Singapura dan Malaysia, ketiga negara lainnya telah mengalami kekurangan generasi penerus. Dalam perjuangannya yang sangat berat serta mengatasi banyak rintangan, dengan tahap demi tahap mampu melaksanakan kursus pendidikan TCM dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya, dan setelah lebih dari 10 tahun baru nampak hasilnya. Dalam rangka memperingati HUT IKNI DPD Jatim ke 25, pengurus IKNI DPD Jatim telah mengadakan Family Gathering IKNI DPD Jatim (FG-IKNI) pada tanggal 24-25 September 2011 dengan mengambil lokasi di Bhakti Alam Nongkojajar – Jawa Timur. Denagn tema “Take Action Now!!!” untuk mempererat persahabatan meningkatkan kesejahteraan, amal dan persatuan, serta bangkitkan dan jadikan IKNI lebih maju.




Tepat pukul 08:00 pagi di tanggal 24 Oktober,di pagi hari yang cerah bahkan condong terik, berangkatlah para peserta FG-IKNI sebanyak 76 orang ini dengan menumpang sebuah bis serta dua kendaraan penumpang kecil, merangkak pelan membelah kemacetan lalulintas kota Surabaya. ketiga kendaraan ini langsung menuju ke House of Sampoerna, yang merupakan cikal bakal pabrik rokok Ji Sam Soe, dan dilanjutkan siang harinya menuju ke pusat kerajinan tas Tanggulangi – Jawa Timur. Dari kedua tempat ini, bus segera melaju menuju ke tempat tujuan utama FG-IKNI yaitu Bhakti Alam Nongkojajar Jawa Timur. Tiba di sini sekitar pukul 15:00 disambut kereta kelinci yang menghantarkan para peserta FG-IKNI keliling kebun buah, untuk menikmati berbagai buah yang ditanam di Bhakti Alam, serta memperkenalkan fasilitas yang ada di sana.

Setelah selesai mandi sore, dilanjutkan kumpul bersama di aula Bhakti Alam, Tjendrawati-selaku ketua panitia FG-IKNI menyampaikan terima kasih pada semua peserta yang mendukung kegiatan ini hingga terlaksananya acara FG-IKNI, serta rasa gembiranya melihat keharmonisan diantara keluarga besar IKNI DPD Jatim, diingatkan bahwa sebagai praktisi pengobatan tradisional kita semua perlu meningkatkan ilmu masing-masing, juga perlu kedisiplinan dalam mengobati dan harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, agar dapat melayani kesehatan masyarakat dengan benar dan aman.

Hutomo Wijaya – ketua IKNI DPD Jatim menyampaikan : dengan ketinggian diatas 600 m diatas permukaan laut ini, sungguh bahagia dan membanggakan dapat berkumpul bersama sambil merayakan HUT IKNI DPD Jatim ke 25, hal ini secara tidak langsung menunjukkan kekompakan IKNI DPD Jatim. Hal ini tidak saja merupakan kenangan manis namun juga merupakan sepirit bagi IKNI DPD Jatim unutk lebih maju lagi. Melihat sejarah ribuan tahun perkembangan TCM, sungguh sangatlah mulia bagi kita dapat melestarikan ilmu ini, IKNI DPD Jatim juga merupakan suatu sarana pengembangan TCM, mari kita bermula dari keluarga besar yang harmonis dan penuh kebersamaan ini untuk bersatu padu, berjuang mencapai suatu keberhasilan yang lebih baik. Selajutnya Martani – wakil yang diutus dari DPP membawa doa restu dari seluruh anggota IKNI mengucapkan selamat ulang tahun IKNI DPD Jatim dan menyampaikan kata sambutannya dengan gembira bahwa IKNI sudah menjadi sebuah keluarga besar hingga seribu lebih anggota yang tersebar di masing2 DPD IKNI yang hingga kini sudah ada 9 DPD. Anggota baru yang bergabung makin haripun makin banyak dari berbagai suku serta berbagai profesi. Seiring dengan perkembangan waktu, ilmu TCM pengobatan Akupunktur, herbal makin banyak diminati serta makin mendapat perhatian dari pemerintah dan mendorong TCM lebih modernisasi maka para anggota IKNI sangatlah dituntut untuk ikut meningkatkan ilmu TCM dalam perjalanan yang jauh kedepan, marilah kita bersatu menyebar kasih sayang, supaya dapat melanyani masyarakat lebih tepat dan lebih banyak lagi.

Selesai sambutan-sambutan dilakukan peniupan lilin angka 25 lambang 25 tahun, kemudian makan malam bersama, serta acra fun game sederhana. Nampak sesuai dengan kata Hutomo acara kali ini menunjukkan kebersamaan dan keharmonisan.

Di hari kedua, pagi hari yang masih gelap, namun para peserta sudah bangun semuanya, untuk dapat melakukan senam pagi, serta jalan pagi bersama mengelilingi kebun buah. Setelah olahraga pagi, istirahat sejenak dan dilanjutkan makan pagi bersama. Dengan semangat yang cukup tinggi para peserta tetap berkeinginan untuk melajutkan fun game dan diakhir dengan petualangan flying fox. Setelah makan siang bersama dan acara bebas hingga pukul 15:00 acara FG-IKNI harus diakhiri dengan berat hati dengan menumpang kendaraan semula untuk kembali ke Surabaya.

Selamat HUT IKNI DPD Jatim ke 25!!!! (diterjemahkan oleh Yunita C dan Irawan H)




温馨和谐的中医之家

哇中医协会成立于25周年郊游联欢

印尼东爪哇中医协会成立于1986714日。25年,是一个不平凡的历程。在历届理事胡纪龄、谢英法、张雋卿、洪莲音等医界人士的领导下,诊疗队伍敞开大门,远离保守与排外,不分种族、肤色和宗教,奉公守法,为印尼华族长期和睦相处做出了大量贡献。据了解,除了举办医学讲座,开设中医治疗课程,近几年,还多次到穷乡僻壤地区义诊。深得社会人士及当地政府的赞赏及好评。

据有关资料阐明,80年代,东盟五国,除新、马外,其他三国已面临中医人才后继无人的困扰。印尼中医界克服重重困难,举办了一届又一届,以印尼文为教学媒介的中医学习班。经过漫长几十年的努力,看到了一丝曙光。藉成立25周年之际,东爪哇中医协会于82425日,举办了为期两天,以:“从现在开始行动”为主题的联欢。进一步把友谊、福利、慈善、团结等优良传统,推向更高的台阶。



2011824日(星期六)早上8点,我们一行76人,分乘一辆旅游大巴加两部面包车,从Pasar kembang诊疗所出发。先去参观受到我国领导人高度重视,创业近百年的Sampoerna香烟厂,和Tanggulangin皮具作坊。并于当日下午3点入住位于Nongkojajar县的Bhakti Alam花卉果树园。是晚6时,大家齐聚于大堂。筹委会主席陈少娟、东爪哇中医协会主席胡纪龄、雅加达中医协会总会第三主席陈永辉,都先后致词。陈少娟对支持这次联欢的会员、学员们表示感谢。她说,各兄弟族群的友好相处已经有了基础,然而,我们都是医疗工作者,需要高度的责任感,重视传统中医学术。为民众的健康服务,还没有做到完好,所以陈永辉再一次给东爪哇中医协会打气:“从现在开始行动!”

胡纪龄表示能在这海拔600多米高,气候宜人的山丘欢聚一堂,使简单而不失隆重的25周年纪念会顺利进行,显示了东爪哇中医诊疗队的空前大团结。不仅能留下美好的回忆,对往后提高医疗技术也会有帮助。他说中医中药保健有几百年悠久的历史,能够在我国开枝散叶,要从我们这个温馨之家开始,同心协力,再作一番努力……陈永辉带来了总会1000多名会员的祝福。他说,印尼中医协会是个大家庭。总会属下有9个分会。新的学员有很多是兄弟族。中医中药、针灸医疗,越来越受到国家的重视。促进中医现代化,提高中医的药疗学术和医疗水平,任重道远。让我们共同努力,播撒爱心,造福社会……



中午餐是盒饭,晚餐也是盒饭,连四层的大蛋糕,也只是象征性的。只有蜡烛是真的。然而会场的气氛很热烈。吹灭了“2”“5”两支蜡烛,第一天的节目就结束了。76个人,只有两个房间,男士、女士各住一间。真是胡纪龄主席所说的“中医协会温馨和谐之家”。


翌日的节目是晨运、散步、各种有趣的游戏,颁发奖品。直到25日(星期日)下午3点,大家依依不舍相互告别,从来时的路,回到泗水。没有音乐声、没有歌声。连旅游车上的电视机都默默无言。中医界的人士,比较沉默,比较含蓄,连说话都比较小声,很荣幸能参加这次联欢聚会。在此,我再一次由衷的祝福。但愿东爪哇中医协会继续以慈善为本,关心下层人民疾苦,再创25年辉煌!



Tidak ada komentar: