Minggu, 04 Desember 2011

Seminar Kondisi Dibawah Sehat



Seminar “Kondisi dibawah sehat”



Dalam rangka HUT Ikatan Naturopatis Indonesia Dewan Pengurus Daerah Jawa Timur (IKNI DPD Jatim) ke 25, pada tanggal 14 Agustus 2011 IKNI DPD Jatim mengadakan seminar kesehatan dengan tema „Kondisi dibawah sehat“ yang dibawakan oleh Hutomo Wijaya- ketua IKNI DPD Jatim bertempat dikantor sekretariat IKNI DPD Jatim Jl. Pasar Kembang No. 86 Surabaya.

Dalam seminar yang tidak dipungut biaya kali ini mendapat sambutan luar biasa dari para anggota IKNI DPD Jatim, sebanyak 80 orang mengikuti seminar ini, yang mana tidak hanya dari kota Surabaya, saja namun dari berbagai daerah Jawa Timur antara lain Bapak Zhang Shang Jian sesepuh tenaga prana dari kota Batu-Jawa Timur yang telah berusia 85 tahun, serta beberapa praktisi dari Sidoarjo, Jember, Lumajang, Sumenep dan lain-lain.

Dalam seminar kali ini nampak suasana yang sangat meriah, kebersamaan serta terasa demikian akrab tanpa merasa adanya perbedaan satu dengan yang lainnya. Yang dapat dirasakan hanya satu yaitu sebagai satu keluarga, keluarga besar IKNI.

Sebelum acara pokok dimulai, Hutomo Wijaya – ketua IKNI DPD Jatim menyampaikan sedikit kata sambutan antara lain ucapan terima kasih atas perhatian serta rasa cinta para anggota kepada IKNI DPD Jatim, diharapkan para anggota semuanya dalam kondisi sehat, sejahtera, terus menempuh ilmu pengetahuan khusus nya TCM, serta terus berjuang untuk membantu mengurangi penderitaan masyarakat.

Selanjutnya Tjendrawati – wakil ketua IKNI DPD Jatim menyampaikan acara family gathering untuk menyambut HUT ini, yang akan mengadakan tour dengan rute antara lain : House of Sampoerna, Bursa Tas Tanggulangi, Kebun Bhakti Alam-Nongko Jajar, serta berbagai fun game, senam pagi dan masih banyak acara menarik lainnya.



Empat landasan utama menuju sehat ; keseimbangan jiwa

Seminar yang dibawakan Hutomo Wijaya dan dimoderatori Imelda Anggun ini, membahas „Kondisi dibawah sehat dipandang dari sudut TCM“. Sebagai pembicara utama Hutomo Wijaya menjelaskan arti sebenarnya kondisi sehat dan kondisi dibawah sehat seseorang dan penyebab-penyebabnya, yang mana sangat mempengaruhi mutu hidup manusia yang menyebabkan seseorang dapat hidup panjang umur dalam kondisi sehat-wal afiat, serta menyampaikan empat landasan utama menuju sehat.

Hutomo mengatakan bahwa manusia sebenarnya mempunyai kesempatan usia hidup hingga 100 – 120 tahun. Namun harus dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan manusia itu sendiri yaitu upaya memelihara kesehatan diri sendiri sebesar 60%, faktor genetik 15%, faktor sosial 8 %, sarana/prasarana pengobatan 10 %, faktor cuaca/ iklim 7 %.

Dalam kehidupan modern ini beberapa penyakit yang mematikan namun sangat mendominasi antara lain : penyakit Cardio cerebral vaskuler, diabetes militus, penyakit menular, penyakit akibat obat-obatan serta HIV-AIDS.

Menurut hasil penelitian WHO, perbandingan hidup sehat saat ini adalah orang yang benar-benar sehat hanya 15 %, orang yang sakit 15 % sedangkan orang yang dalam kondisi dibawah sehat mencapai 70 %.

Empat landasan utama sehat adalah 1) Makan lah makanan yang seimbang, 2) Olah raga yang proposional, 3) Pola hidup yang teratur, perpaduan antara kerja dan hiburan, cukup tidur, tidak merokok dan tidak minum minuman yang mengandung alkohol dan 4) yang terpenting adalah keseimbangan jiwa.

Ditegaskan oleh Hutomo, beberapa penyakit mempunyai hubungan erat dengan gejolak emosi seseorang. Ketidak stabilan jiwa seseorang akan berakibat menurunnya daya imun orang tersebut serta membuat kacau metabolisme masing-masing organ tubuh. Hidup dengan kondisi senang, jiwa tenang, akan membuat otak kita menjadi baik pula kerja nya serta stabilnya metabolis organ akan membuat meningkatnya daya imun manusia.

Menjelang akhir bahasannya Hutomo mencoba menyimpulkan beberapa metoda pencegahan terhadap penyakit yang mana pada saat ini dapat dilakukan pecegahan dengan cara pengobatan TCM, akupunktur, herbal, pijat refleksi, qi gong (tenaga prana), yang mempunyai khasiat sangat menonjol dan mempunyai keunggulan yang khusus dalam meningkatkan daya imun tubuh manusia. Ia pun yakin bahwa pada abad ke 21 ini pengobatan tradisional khusus TCM, akan memberikan sumbangsih yang lebih besar dan lebih baru bagi kesehatan manusia.

Diakhir seminar, panitia memberi kesempatan tanya jawab bagi para peserta seminar. Selanjutnya dr Iskandar – penasehat IKNI DPD Jatim menyerahkan sertifikat penghargaan untuk Hutomo Wijaya. Pada akhir acara diadakan pembagian hadiah berupa buku dan CD/VCD TCM serta penyerahan sertifikat. (diterjemahkan oleh Yunita C dan Irawan H)



中医协会东爪哇省分会举办医学讲座

庆祝该会成立25周年

为庆祝印尼中医协会东爪省分会成立25周年,该会于814日中午在Pasar Kembang86号的会所为会员举办医学讲座。

来自南海漳、任抹、岩望、苏默纳、锦石、徐图利祖的外地会员,与泗水的会员们齐集一堂,85高龄的张 尚坚老师也从峇都赶来,远 至新埠头的中医师温蓉都出席了讲座。

色圆帽、头巾的兄弟族群,其中有爪哇族、马都拉族、印度族裔等,近80名老中青中医协会会员、理事欢聚一 堂,共庆东爪中医协会诞辰 25周年。

1 席致词,欢迎并感谢大家的 到来,恭祝会员们在中医协会这个大家庭里福体安康,不断进步,造福于民。

陈少娟副主席告诉大家一个好消息,除了举办今天的免费讲座会以外,为庆 祝东爪中医协会成立25周年,该会会员福利部还组织 了“共同旅游筹委会”,将带领会员们于92425两日,参观三宝纳博物馆(House of Sampoerna),当武郎夷皮革产品基地(Bursa Tas Tangulangi),并在农哥渣查(NongkojajarBhakti Alam农园与大自然景区游玩。届时,可乘兔车游览甜瓜、榴槤、龙果、龙眼果园,并有庆典游戏,共同晨运、健康步行与自由节目。

健康的四大基石

心态平衡是关键

在洪莲音的主持下,讲座开始。胡纪龄中医师以“从中医的角度谈亚健康”(Kondisi dibawah sehat dipandang dari sudut TCM)为题,讲述了所谓健康与亚健康的意义,造成亚健康状态的因素,影响人类健康长寿的因素,以及健康的四大基石。

他说,人类理应能活到100120岁,而影响人类健康长寿的因素是自我保健占60%,遗传因素占15%,社会因素占8%,医疗条件占10%以及气候影响占7%。心脑血管病、糖尿病、传染病、药源性疾病以及艾滋病成为人类疾病死亡的六大杀手。人类健康的比例是:健康人只有15%,病人也是15%,而亚健康的人占70%

健康的四大基石:一,合理的膳食;二,适量运动;三,良好的生活习惯,劳逸结合,睡眠充足,戒烟限酒;四,心态平衡是关键。

胡中医师强调说,很多疾病都与情绪有关,不良的情绪心态会使人的免疫力下降,各脏腑功能紊乱。乐观的情绪,平和的心态,可以使大脑处于安乐状态,各脏腑功能就有条不紊,自身免疫力就高。

胡纪龄中医师总结说,预防胜于治疗。目前治疗医学已转向预防医学,及早用针灸、中药、气 状态。中医中药传统疗法在提高免疫功能方面以及调整亚健康状态有它突出的疗效及优势,它将是中医学在21世纪对人类的新贡献。

在众多提问者获得满意的解答之后,东爪中医协会辅委会陈应中神经专科医生向胡纪龄中医师颁发了主讲证书。

会后,与会者通过抽签,每个人都获得了一本中医学参考书,或一张光碟,并获与会证书。(曙光报道)



Tidak ada komentar: